Kamis, 10 Maret 2011

Penemu Kamera Digital

Penemu kamera digital adalah Steve Sasson, seorang teknisi perusahaan Kodak pada tahun 1975. Kamera digital ciptaannya menggunakan sensor CCD sebagai media penerima gambar dan baru hanya mampu menghasilkan foto hitam putih dengan resolusi 0,01 mega pixel (320 x 240 pixel). Media penyimpanannya adalah pita kaset, sedangkan untuk melihat gambar, kamera ini harus lebih dulu dihubungkan dengan televisi. Bobot kamera ciptaan Steve Sasson mencapai 3,6 kilogram dan membutuhkan waktu setidaknya 23 detik untuk memroses sebuah foto. Sudah tentu kamera digital pertama ini masih jauh dari sempurna serta kurang praktis. Namun penemuan ini telah menjadi titik awal dari kemudahan teknologi fotografi digital yang memanjakan kita sekarang ini.

Steve Sasson lahir di Brooklyn, New York tanggal 4 Juli 1950, dan saat ini masih hidup.Pada bulan November 2010 yang lalu ia dianugrahi penghargaan National Medal of Technology and Innovation oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.
"Kamera ini merupakan penemuan paling revolusioner di dunia fotografi. Bahkan semua fotografer di ruangan ini bisa memberikan kesaksiannya atas kehebatan penemuan Sasson," demikian pidato Barack Obama pada acara penyerahan medali penghargaan tersebut di depan para fotografer yang hadir. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar